Pengertian Apa Itu Media Tanam Hidroponik dan Contohnya Seperti Apa ?

BERKEBUN - Pengertian Apa Itu Media Tanam Hidroponik dan Contohnya Seperti Apa ?, Hidroponik adalah metode bertepat tanam tanpa memakai media tanah alias yang biasa dikenal dengan istilah solilless culture. Hidroponik berasal dari bahasa Yunani yaitu Hydro yang berarti air, serta ponos yang berarti daya. Dalam berHidroponik kami hanya  mekegunaaankan media air dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dalam sebuahtanaman. Jadi perinsip dasarnya adalah dimanapun tumbuhnya sebuah tanaman bakal masih bisa nasib dengn baik jika nutrisi yang dibutuhan tanaman tesrsebut tercukupi, dalam faktor Hidroponik berbentuk larutan cairan nutrisi.



Semacam halnya bertepat tanaman pada umumnya, Hidroponik juga membutuhkan media penopang pertumbuhannya. Sebab tanpa memakai media tanha maka dalam berHidroponik kami memakai media serti : Rockwoll, Cocopeat(olahan sabut kelapa), hidroton, krikil, pasir, sabut kelapa, zat silikat, pecahan batu bata, serbuk gergaji, busa serta lain sebagainya.

Dalam menyedikan kebutuhan nutrisi tanaman memakai larutan air nutrisi bisa dipakai dengan beberapa cara, yang paling sederhana serta bisa diperbuat dengan mudah adalah sisitem wick alias sumbu. Tutorial yang lain yang bisa dengan memakai sistem NFT, Fertigasi, Aeroponik, Kultur air, serta Pasang Surut.

Jenis-jenis metode penanaman Hidropnik:

  • Hydroponic Kultur Agregat. Metode ini mekegunaaankan kerikil, arang sekam padi, pasir, serta bahan lain yang telah disterilkan sebagai media tanamnya.
  • Hydropinic Kultur Air. Dalam metode ini, tanaman di tanam disebuah media yang dibagian dasarnya diletakkan larutan hara makro serta mikro, jadi akar tanaman menyentuh serta menyerap larutan yang penuh nutrisi itu.
  • Hydroponic Nutrient Film Technique. Pada metode ini, tanaman di tanam diselokan panjang serta sempityang terbuat dari selempeng besi tipis serta anti karat. Selokan itu dialiri oleh air yang penuh nutrisi hara, jadi dikurang lebih akar tanaman timbul lapisan tipis (film) yang adalah makanan tanaman itu. 

Aspek-aspek penting menanam tanaman hidroponik: 

  • Media tanam. Media tanam yang baik adalah yang sanggup menjaga kelembaban, mempunyai drainase yang baik, serta menjaga keterdapatan unsur hara. Tidak hanya itu, media tanam wajib terbebas dari zat beracun yang berbahaya bagi tanaman.
  • Air. Tanaman #hidroponik tergantung pada air, air menjadi sudut penting nilai tumbuhnya tanaman hidroponik.
  • Unsur hara. Untuk bisa tumbuh dengan baik serta memperoleh nutrisi, larutan hara sebaiknya diberbagi dengan cara teratur.
  • Oksigen. Oksigen adalah sudut penting penanaman tanaman dengan cara hidroponik. Kadar oksigen yang rendah bisa mengdampakkan menurunnya permeabilitas membrane sel jadi dinding sel susah ditembus. Faktor ini bakal berdampak tanaman ketidak lebihan air serta layu. 
Berikut Contoh Media Tanam  Hidroponik :
BERKEBUN - Pengertian Apa Itu Media Tanam Hidroponik dan Contohnya Seperti Apa ?

BERKEBUN - Pengertian Apa Itu Media Tanam Hidroponik dan Contohnya Seperti Apa ?

BERKEBUN - Pengertian Apa Itu Media Tanam Hidroponik dan Contohnya Seperti Apa ?


Dan butuh diingat bahwa menanam tanaman hidroponik cenderung bisa diperbuat dibeberapa tempat, bahkan sesempit apapun tempatnya. Di teras rumah, halaman belakang serta samping rumah bahkan di dalam ruangan asalkan murah unsur paling penting semacam terkena penyinaran matahari yang cukup. Keunggulan tanaman hidroponik juga lebih bersih serta rapi, sebab anti debu/tanah serta juga tanpa pestisida berbahaya lainya.